Welcome To My Blog

Tempat Berbagi Ilmu Teknik Informatika. Semoga bermanfaat!

Kamis, 22 Mei 2014

Membuat template HTML cara cepaaat!

ada lagi nih kawan, tentang bagaimana kita bisa membuat template website dengan cepaat! yg kerennya ini hanya drag and drop! keren ga tuh?
nih kalau lu mau coba ni website, sumpah keren gila! klik disini coy
ini tampilannya menggunakan bootstrap, gue sih masih belum nemu "bug" pada saat menggunakan ini,

nah liat kan lu tinggal tarik2 aja ke tengah, jadi deh template HTML! gimana gampang kan? silahkan dicoba yaaaaa

Rabu, 14 Mei 2014

Membuat Aplikasi dan game dengan HTML 5 mudah dan cepat

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang membuat aplikasi/game menggunakan HTML 5 pada situs www.ludei.com ini saat mudah sekali teman2, berikut step stepnya
website ini menyediakan fitur2 yang menarik untuk para developer sehingga dalam membuat aplikasi akan lebih dinamis dan pastinya lebih menarik, selamat mencoba

Jumat, 09 Mei 2014

Mengupas Tuntas Tampilan Web yang Ciamik Bagian 1

Haloo sobat IT, kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara cepat membuat tampilan website menjadi lebih cantik dan enak untuk dilihat. tanpa susah2 kita bisa membuat halaman ini dengan mudah, kita sepatutnya berterimakasih kepada Nicolas Zezuka dan Active Theory yang bersedia membagi ilmunya kepada kita melalui website http://tympanus.net/codrops/2014/04/23/page-loading-effects/ saya menshare artikel ini bukan untuk mengajarkan cara "Copy Paste" tapi saya mencoba untuk memudahkan para developer website untuk membuat tampilan websitenya menjadi lebih bagus. hal yang membedakannya itu bagaimana kita cara mengkostumisasi (edit) dengan konten-konten yang menarik.
konten ini menggunakan HTML 5 waaah luar biasa kan? tampilan website makin keren dan cantik! So, kalian tinggal kunjungin situsnya dan cari cari deh source code mana, yg kalian akan download
berikut contoh-contohnya:
codrops

Selamat mencoba yah!

Rabu, 26 Maret 2014

APA ITU JQUERY UI?

jQuery ini sebenernya kumpulan javaScript yang dibuat oleh mereka-mereka untuk mempermudah dalam melakukan penulisan untuk java script, seperti misalnya kita membuat sebuah animasi transisi pada layer di HTML, tidak perlu menuliskan dari awal transisinya yang saya yakin sangat panjang, setelah adanya jQuery hal-hal yang panjang tadi dapat dipersingkat kita tinggal menuliskan “.slideDown()”. Apalagi ada turunannya bernama jQueryUI — sangat membantu anda dalam mengindahkan halaman web.

IMPLEMENTASI

Disini saya tidak akan membahas tentang dasar-dasar HTML, CSS dan Java Script ya. Kita langsung mengimplementasikan penggunaan jQuery dan jQueryUI (karena jQueryUI membutuhkan jQuery :P).

ok, saya memiliki sebuah halaman sederhana sebagai berikut:

maka hasilnya akan seperti ini:
sekarang kita sudah memiliki halaman tanpa “bumbu”, karena kita menggunakan jQueryUI maka kita harus meng-include-kan file pendukung jQueryUI, seperti jQuery, jQueryUI, dan CSS sehingga kita menambahkan tag seperti berikut setelah tag </head>:

ketika koding ini di atas

<link rel="Stylesheet" href="pathAnda/page/css/cupertino/jquery-ui-1.8.13.custom.css" type="text/css" />
<script type="text/javascript" src='pathAnda/page/script/jquery/jquery-1.5.1.min.js'></script>
<script type="text/javascript" src='pathAnda/page/script/jquery/jquery-ui-1.8.13.custom.min.js'></script>

folder sesuai dengan yang anda buat, okey mas bro...
setelah itu tinggal kita gunakan tag-tag jQueryUInya. kita gunakan jQueryUInya seperti javaScript biasa, berikut implementasinya:

<script type="text/javascript">

$(document).ready(function() {
$("#Simpan").button();
});
</script>

hasilnya akan seperti ini:
perhatikan text #Simpan, itu merupakan ID dari tambolm yang kita buat, anda dapat mengimplementasikannya juga pada tag <div> sesuai dengan kebutuhan. selain ID anda jg dapat menggunakan CLASSnya biasanya pada <div class=”bla-bla”>. setelah itu perhatikan tombol yang kita buat, setidaknya nilai estetikanya lebih daripada sebelumnya. sekarang kita tambahkan lagi date picker untuk textfield tanggal. kita hanya menambahkan :

$("#tanggal").datepicker({
showOn: "button",
buttonImage: 'pathAnda/page/'+"images/calendar.gif",
showAnim:"show",
dateFormat:"dd-mm-yy",
buttonImageOnly:true
});




sekarang di samping text field terdapat gambar kalender yang dapat anda gunakan untuk menentukan tanggal. mudah bukan???
maka tampilan website yg akan kita buat akan semakin menarik. cukup sekian

APA ITU JQUERY? Check this out!

JQuery memiliki slogan “Write less, do more” yang artinya kesederhanaan dalam penulisan code, tapi dengan hasil yang lebih banyak.
jQuery merupakan library Javascript yang akan membuat aplikasi web yang kita buat menjadi lebih menarik, baik dari sisi user-interface, proses maupun interaktivitas. Dengan JQuery, suatu halaman web yang menjadi aplikasi web, jika dilihat sourcenya, akan terlihat seperti dokumen HTML biasa; tidak ada kode JavaScript yang terlihat langsung. Teknik pemrograman web seperti ini disebut sebagai unobstrusive JavaScript programming.
Merupakan salah satu librari yang membuat program web di sisi klien, tidak terlihat sebagai program JavaScript biasa, yang harus secara eksplisit disisipkan pada dokumen web. Pada teknik pemrograman sisi klien dengan menggunakan JavaScript biasa, setiap elemen yang akan memiliki event, akan secara eksplisit terlihat ada event yang dilekatkan pada elemen tersebut.

Salah satu buku yang cukup lengkap membahas mengenai jQueryadalah buku yang berjudul "Learning jQuery : Better Interaction Design and Web Development with Simple JavaScript Techniques". Buku setebal kurang lebih 350 halaman ini mengulas secara tuntas mengenai jQuery, dimulai dari kelebihan dan daya tarik jQuery itu sendiri, sampai teknik-teknik memanfaatkan jQuery yang disertai contoh-contoh sederhana.
Buku ini ditulis oleh Jonathan Chaffer dan Karl Swedberg yang terbit pertama kalinya tahun 2007 (setahun setelah jQuery dirilis). Jonathan Chaffer adalah Chief Technology Officer of Structure Interactive yang berlokasi di Michigan. Jonathan juga aktif sebagai bagian dari tim pengembang CMS open source yaitu Drupal. Sementara itu Karl Swedberg adalah seorang web developer di perusahaan yang sama dengan Jonathan yaitu Structure Interactive. Karl yang sebelum menjadi web developer adalah seorang guru bahasa Inggris, fokus dalam hal web-standard, semantic CSS, dan unobtrusive JavaScript.

Buku Learning jQuery isinya cukup mudah dipahami dan dapat menjadi referensi bagi para pemula maupun yang sudah mahir di bidang web development. Buku ini cocok untuk para designer web maupun programmer web.

Garis besar dari isi dari buku ini antara lain menjelaskan mengenai:
Sekilas tentang jQuery. Termasuk didalamnya dijelaskan mengenai kelebihan jQuery, dimana bisa mendapatkan jQuery dan contoh sederhana penerapan jQuery. Isinya secara singkat saya rangkum dalam artikel saya sebelumnya.Selectors. Di bagian kedua ini dijelaskan mengenai DOM (Document Object Model) dan CSS, serta bagaimana penggunaan jQuery dalam mengatur tampilan (CSS + jQuery). Bagian ini cocok dibaca bagi para web designer yang sudah terbiasa dengan CSS.

Events. Selanjutnya buku ini menjelaskan mengenai event-event yang didukung oleh jQuery. Event-event tersebut akan meningkatkan interaktivitas web dengan pengunjung. Tersedia juga contoh-contoh menarik di bab ini.

Effects. Pada bab 4 buku ini, dijelaskan mengenai teknik-teknik jQuery untuk mengatur efek tampilan halaman web, termasuk didalamnya animasi-animasi yang bisa dilakukan oleh jQuery. Diantara animasi yang sering digunakan adalah fading dan sliding. Contoh sederhananya dapat dilihat disini.

DOM Manipulation. Di bagian ini dipaparkan mengenai bagaimana memanipulasi sebagian isi halaman web melalui jQuery. Manipulasi dapat berupa penambahan, penggantian, maupun penghapusan bagian tertentu dari halaman.

AJAX. Bagaimana jika jQuerydigabungkan dengan konsep AJAX? Di bagian keenam ini dijelaskan mengenai hal tersebut. Secara default, jQuery mendukung dengan baik konsep AJAX, baik format data teks, XML, maupun JSON.

Table Manipulation. Manipulasi data dalam tabel seperti sorting, seleksi, paging dapat dilakukan dengan cukup mudah dengan jQuery. Penasaran? Silahkan pelajari pada bab ini mengenai manipulasi tabel.

Forms with Function. Bagian ini membahas mengenai manipulasi form inputan termasuk tampilan dan bagaimana melakukan validasi form ala jQuery.

Shufflers and Rotators. Manipulasi images seperti untuk membuat galery foto dipaparkan di bagian ini.

Plugins. Bagian terakhir dari buku ini membahas mengenai plugin, yang merupakan salah satu kemampuan jQuery yang luar biasa. Disini diberikan beberapa plugin jQuery yang banyak digunakan serta dijelaskan juga mengenai bagaimana membuat plugin sendiri.


jQuery dirilis pada Januari 2006 di BarCamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah Lisensi MIT dan GPL. Microsoft dan Nokia telah mengumumkan akan mengemas jQuery di platform mereka. Microsoft awalnya mengadopsinya dalam Visual Studio untuk digunakan dalam ASP.NET AJAX dan ASP.NET MVC Framework, sedangkan Nokia akan mengintegrasikannya dalam kerangka Web Run-Time.

Semoga Bermanfaat Buat Sobat.

Rabu, 12 Maret 2014

Sekilas tentang microsoft visual studio for windows phone

Kali ini saya akan menjelaskan tentang microsoft visual studio, Nah Microsoft  visual studio ini merupakan sebuah Software yang di referensikan bagi kalangan Developer windows, karena dapat digunakan untuk melakukan pengembangan suatu aplikasi yang dapat berjalan diatas Windows. tetapi gak cuman itu aja, Visual Studio juga dapat digunakan untuk Develope aplikasi Windows Mobile yang berjalan  di atas .NET Framework.
Microsoft Visual Studio kini telah menginjak versi Visual Studio 2012, dan ini yang kebetulan sedang saya
gunakan utuk mengembangkan  aplikasi di  windows 8 , Saya sudah instal dan mencobanya sendiri dan memang sangat bagus sekali. Banyak sekali fitur fitur baru yang tentunya akan semakin mempermudah kita sebagai developer. dan  menurut saya visual studio 2012 ini memang ditujukan untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi di windows 8.

Nah Fitur-Fitur  baru yang saya rasakan diantaranya :



1. Untuk User interface yang jelas sudah baik sekali , tampilanya simple tapi mengandung banyak fitur bagus,
ada 2 tema yang dapat kita pilih yaitu Dark dan Light.

2. Kemampuanya membangun aplikasi Metro Style , dengan menggunakan c++ , c#, visual basic, HTML, JavaScript, XAML Kita sudah dapat membuat aplikasi Metro-Style untuk windows 8, tetapi kalau gak mau ribet Visual studio juga menyediakan 2 template Metro Style nya, Diantaranya model Grid dan Split
3. LightSwitch, dengan LightSwitch  kita akan dapat mempublish aplikasi yang sudah kita buat ke Azure dengan cara yang lebih gampang dan simple, selain itu membuat peforma menjadi lebih baik misalnya peningkatan proses loading pada saat membuka project, membuat screens dan tables, juga ketika kita Building Projects. oh iya sekedar info aja, pada versi sebelumnya LightSwitch ini terpisah dengan Visual Studio tetapi sekarang sudah termasuk/include di dalam visual Studio 2012

4. Solution Explorer yang berbeda, Solution Explorer itu merupakan semacam jendela yang mengandung semua file aplikasi Visual Studio dan dimana setiap proyek dapat mengandung lebih dari satu file. jadi Kita dapat melakukan penelusuran  ke methods dan properties pada proyek kita dan juga memungkinkan kita untuk melakukan pencarian file dan yang paling saya suka karena dapat melakukan preview pada objek-objek dan item-item eksternal.
5. Oh iya yang terakhir yang terbaru juga, dukungan dari .NET Framework 4.5
Oke kayaknya itu saja yang bisa saya bagikan, Bagi yang ingin download dan mencobanya bisa langsung meluncur ke website resminya dan mendownload Visual studio 2012 Express dan dapat juga mendownload versi sebelumnya yaitu Visual Studio 2010 secara Gratis Tinggal Klik gambar di bawah ini aja 



Kamis, 06 Maret 2014

Aplikasi Viewer video yang cetar dan membahana menggunakan Video Light Box

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang aplikasi yang menarik yaitu video light box, untuk aplikasi ini kalian bisa download disini videolightbox ini adalah suatu template untuk memunculkan video pada website yang akan kalian buat, banyak sekali template yang bisa kita gunakan. maka dari itu aplikasi ini sangat bagus untuk membuat website yang memiliki konten video. berikut cara-cara menggunakan aplikasi video light box:
1. Tampilan pertama muncul gambar seperti ini:
2. lalu pilih yang bertanda merah


3. kemudian klik, akan muncul menu seperti ini:
4. Dan kepada dosen saya tercinta (bosnya bos mafia) berhubung file video "kiky si kancil" nya ga ada, jadi saya pakai video ini *sad* kembali kelaptop. Nah langkah selanjutnya adalah
memilih template mana yang kalian suka, caranya pilih menu "Customize thumbnails" dan pilih template yang kalian suka. 

pilih button publish maka akan muncul menu diatas, maksudnya file yang kita buat akan disimpan dimana, nah soal ini terserah kalian. sebagai contoh saya simpan file ini di C. lalu pilih publish dan file video yang akan anda buat sedang diproses. 
taadaaa dan template video yang akan dimuat pada website anda telah berhasiiil

Cukup sekian penjelasan tentang aplikasi ini, luar biasa bukan? hehe selamat mencoba