Senin, 07 Oktober 2013

Tutorial pengenalan WP | Windows phone | 4 oktober 2013

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pembaca yang saya hormati, untuk pembelajaran ke dua ini, saya telah mengupload video yang bersifat tutorial. mau tahu bagaimana dan tentang apa tutorial video tersebut? check this out https://www.youtube.com/watch?v=468rXtbp7IM 

suaranya jelas dan insyaAllah ini akan sangat bermanfaat :) mengulas dari hasil video tersebut ada point point penting yang harus kita perhatikan yaitu:

-membuat aplikasi  pengenalan IDE visual studio 
-designer XAML editor (drag and drop)
-merubah propertis
-relasi antara XAML dan C#
-run and stop aplication

yang dimaksud IDE visual studio adalah ini

you know IDE? this is IDE of visual studio, like environment. jadi IDE merupakan ruang lingkup dari aplikasi visual studio. 

ini adalah designer blok tampilan design sebuah aplikasi yg akan kita buat

ini adalah XAML editor, bagian pengkodingan nya mas bro :) pokonya fokus sama tutorialnya dan jgn lupa tinggalkan jejak (coment) untuk menjadikan blog ini menjadi lebih baik. next video sedang dalam proses upload. nah akhirnya beres juga uploadnya yuk kita lanjut pembelajarannya, SEMANGAT BRO!
mangga simak aja bro di videonya, koment untuk video ini lumayan memusingkan ngapain coba hapus MainPage.xaml? padahal itu tuh file yg fatal dan gak boleh dihapus. Alhasil gak bakalan jalan tuh aplikasinya suer deh~
alhamdulillah upload video ke 3 sudah beres, kali ini dosen saya menjelaskannya hal yang simple mungkin pembaca sekalian sudah mengetahui hal ini, tapi gak ada salahnya untuk membahas hal ini karna ini bagian terpenting dari menjalankan aplikasi yang akan kita buat http://youtu.be/9iLukSd7Y6Q  

Menggunakan Windows Phone Emulator

Visual Studio 2010 Express For Windows Phone memiliki sebuah Windows Phone Emulatoruntuk membuat proses pengembangan dan percobaan anda menjadi lebih mudah. Emulatortersebut menyediakan bantuan untuk mendeploy, menggunakan, men-debug, dan menjalankan game anda.
Tekan tombol F5 untuk menjalankan Project pertama anda. Setelah beberapa saat,
  • anda akan melihat Emulator mulai bekerja (seperti yang ditujukkan pada Figur 1-5),
  • menampilkan layar awal Windows Phone (sperti yang ditujukkan pada Figur 1-6),
  • lalu kemudian jalankan game anda (seperti yang ditunjukkan pada Figur 1-7)
Kinerja CPU Komputer pada Windows Phone emulator tidak diturunkan untuk menyesuaikankinerja prosesor dari telepon, sehingga sebaiknya anda harus memastikan untuk mencoba game anda pada deviceWindows Phone 7 yang sebenarnya sebelum mempublikasikannya ke pasar.
Fitur bagus lainnya dari Emulator tersebut ialah terus bekerja sampai anda sendiri mematikannya, bahkan setelah anda mengakhiri game anda atau mematikan Visual Studio. Ini membuatEmulator tersebut sangat berguna untuk menjalankan demo dan mengetes lebih dari satu Project. Sisi lain nya adalah setiap anda memulai Emulator, akan menjadi seperti memiliki telepon baru. Bila game anda terus berusaha menyimpan sesuatu pada penyimpanan, hal tersebut akan dihapus saat anda menutup Emulator-nya.
Apabila anda mengklik bagian atas dari area layar Emulator tersebut, anda akan melihat seperangkat ikon-ikon. Area pada layar tersebut dipanggil dengan sebutan system traydan menyediakan informasi mengenai status telepon anda.
Emulator tersebut diatur untuk otomatis menyembunyikan ikon-ikon tersebut stelah beberapa detik (kurang lebih 10 detik), tapi anda bisa mengembalikannya kapan pun anda inginkan, hanya dengan menyentuh (meng-klik) system tray tersebut.
cukup sekian pembahasan hari ini semoga bermanfaat, hatur nuhun :)


0 komentar:

Posting Komentar